Tanya Jawab GARCIA


garcia ekstrak kulit manggis1. Apakah manfaat Ekstrak Kulit Manggis GARCIA untuk kesehatan kita?
Selain karena rasanya yg manis dan segar ternyata kulit buahnya memiliki nutrisi dan manfaat yang lebih besar dari komponen lainnya seperti buah,biji dan daunnya. Kandungan senyawa aktifnya yaitu Xanthone dan faktanya ada 34 manfaatnya yaitu:

-Anti fatigue
-Anti inflamatory
-Analgesik
-Anti ulcer
-Anti depresant
-Anxyolitytic (mencegah kegelisahan,panik dan cemas
-Anti alzeimer
-Anti tumor dan cancer prevention
-Imunomodulator
-Anti aging
-Anti oksidant
-Anti viral
-Antibiotik
-Anti fungal
-Anti lipidemic
-Anti aterosklerosis
-Cardioprotektor
-Hypo tensif
-Hypo glikemik
-Anti obesity
-Anti artritis
-Anti osteoporosis
-Anti alergenic
-Anti parkinson
-Anti vertigo
-Anti neuralgic
-Anti glaucomic
-Anti katarak
-Anti diare
-Pansistemik (mengimbangi seluruh badan)
-Anti seboroik (mencantikkan kulit) dll

2.Kulit manggis memiliki kadar anti oksidan yang tinggi yg bermanfaat bagi kesehatan, bagaimanakah kaitan antara antioksidan dan kesehatan kita?
Antioksidan merupakan sebutan untuk zat yg berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Secara alami zat ini sangat besar peranannya pada manusia untuk mencegah terjadinya penyakit. Kondisi oksidasi dapat  menyebabkan kerusakan protein dan DNA, kanker, penuaan dan penyakit lainnya. Antioksidan melakukan semua itu dengan cara menekan kerusakan sel yang tejadi akibat proses oksidasi radikal bebas.
Zat ini secara nyata mampu memperlambat oksidasi zat yg mudah teroksidasi meskipun dlm konsentrasi rendah.

3. Penyakit apa saja yang berhubungan dengan radikal bebas?
Beberapa penyakit degeneratif berhubungan  erat dengan radikal bebas , diantaranya kanker,penyakit jantung,dan pembuluh darah, pikun, katarak, penurunan fungsi kognitif dan terganggunya sistem imun tubuh manusia. Proses penuaan dini juga berhubungan dengan radikal bebas dan antioksidan yang berasal dari kulit manggis mampu untuk mencegah beberapa penyakit ini.

4. Sebagai salah satu sumber antioksidan ,apa kelebihan manggis ?
Pada umumnya masyarakat memanfatkan tanaman manggis karena buahnya yang menyegarkan dan mengandung sakarosa,dektrosa,dan levulosa. Komposisi bagian buah per 100 gr t/d 79,2 gr air,0,5 gr protein,19,8 gr karbihidrat,0,3 gr serat,11 mg kalsium,17 mg fosfor,0,9 mg besi,14 IU vit A,66 mg vit C,0,09 mg vit B (tiamin),0,06 vit B2 dan vit B5 0,1
Untuk kadar Xanthone yg paling tinggi ada di kulitnya dan jumlah antioksidannya tertinggi dari jenis buah lainnya dan sebagai pembanding tingkat antioksidan kulit manggis 10 kali lipat lebih besar dari pada jeruk.

5. Adakah manfaat ekstrak kulit manggis pada orang yang sedang sakit?
Karena salah satu fungsi antioksidan dapat meningkatkan imun tubuh maka antioksidan yang ada dalam kulit manggis sangat bermanfaat terutama pada orang yang sudah sakit.

6. Amankah  bila mengkonsumsi Ektrak Kulit Manggis?
Dari hasil riset uji toksisitas terbukti ekstrak kulit manggis tidak mempengaruhi profil kimia darah ,ginjal maupun hati dan aman dikonsumsi.

7. Pada penderita kolesterol tinggi apakah ekstrak kulit manggis dapat membantu mengatasi kelebihan kolesterol?
Pada penderita kolesterol sangat dianjurkan melakukan diet rendah lemak dan rendah kolesterol disamping harus berolah raga dan memprbanyak makanan yg berserat spt sayur - sayuran dan buah. Manfaat ektrak kulit manggis salah satunya sbg anti lipidemic(dpt membuang kolesterol berlebih dalam tubuh)

8. Pada penderita penyakit jantung koroner,apakah boleh mengkonsumsi ektrak kulit manggis?
Didalam ektrak kulit manggis kaya akan kandungan Xanthone yang salah satu manfaatnya sebagai  Antioksidan dan bila dikonsumsi secara teratur dapat membantu mengurangi timbunan plak di pembuluh darah jantung dan penderita jantung koroner sarankan untuk menjaga pola makan dengan rendah lemak, batasi makanan yg terlalu asin dan perbanyak makanan yg berserat seperti sayur dan buah dan tetap rajin kontrol ke dokter untuk evaluasi lanjutannya.

9. Saya sudah menderita penyakit jantung sejak 2 tahun lalu dan saya sampai saat ini masih rutin meminum obat dari dokter, jika saya akan mengkonsumsi ekstrak kulit manggis apakah obat yang diberikan dokter harus dihentikan dan ekstrak kulit manggis bisa dijadikan obat utama untuk penyakit  jantung saya ?
Saran kami obat yang diberikan dokter tetap harus diminum secara teratur sesuai petunjuk dokter untuk mempercepat pemulihan dan membantu meningkatkan status imun ekstrak kulit manggis bisa dikonsumsi sebagai pengobatan pendamping   dengan interval waktu 1-2 jam sebelum minum obat dari dokter.

10.Bagaimana  efek kerja kulit manggis untuk penderita  Tekanan darah tinggi ,apakah bisa menyembuhkan penyakit tersebut ?  Hal apa saja yang mempengaruhi Hipertensi?
Hipertensi  merupakan suatu keadaan terjadinya peningkatan tekanan darah yang memberi gejala berlanjut pada suatu target organ tubuh sehingga menyebabkan kerusakan lebih berat. Faktor pemicu hipertensi dibedakan atas yang tidak terkontrol seperti genetik,jenis kelamin dan umur dan yang dapat terkontrol seperti stress, kegemukan, kurang olah raga, merokok,lemak, bahan pengawet dan garam. Kandungan Xanthone yang ada didalam ektrak kulit manggis melalui mekanisme kerja senyawa aktif nya bisa membantu mengurangi kekakuan pada pembuluh darah dengan cara meregenerasi sel-sel yg rusak atau mempertahankan sel-sel masih masih baik akibat radikal bebas.

11 . Adakah manfaat ektrak kulit manggis pada orang yang sudah sakit ?
Zat aktif Xanthone yang berfungsi sebagai antioksidan tentunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan sangat bermanfaatpada orang yang sudah sakit selain itu Xanthone juga memiliki fungsi lain dalam membantu mengobati penyakit terutama penyakit degeneratif dan didalam penelitian ternyata ekstrak kulit manggis mempunyai 34 manfaat dalam mengurangi atau membantu mengatasi penyakit.

 12. Bagaimana ekstrak kulit manggis dapat mengurangi gejala pada nyeri sendi? Dan apakah nyeri sendi selalu disebabkan rematik?
Nyeri sendi dapat disebabkan oleh infeksi ,trauma, keganasan, penyakit auto imun, dan proses abnormal lainnya. Nyeri sendi dapat menunjukan kondisi yg relatif jinak seperti keseleo ringan atau kondisi moderat spt bursitis,keseleo ligament dan dislokasi dan banyak orang mengira bahwa setiap ada nyeri disendi berarti orang tersebut menderita rematik padahal tidak semua nyeri sendi adalah rematik. Zat aktif Xanthone yg ada didalam ekstrak kulit manggis  dalam beberapa penelitian mengatakan bahwa senyawa Xanthone dapat menghambat produksi enzim yang menyebabkan nyeri pada tubuh manusia dengan mencegah terbentuknya prostaglandin enzim penyebab terjadinya nyeri. Namun untuk mengurangi rasa nyeri pada sendi pasien , tetap harus konsultasi ke dokter.

13. Apa perbedaan Xanthone kulit manggis dengan cara kerja obat-obatan penghilang rasa nyeri?  Apakah kulit manggis dapat menyebabkan sakit maag ?
Cara kerja Xanthone dalam mengurangi gejala nyeri hampir sama dengan obat- obatan tersebut, namun kulit manggis sebelumnya sudah terkenal pada zaman dahulu dapat mengurangi nyeri lambung. Salah satu turunan Xanthone dapat berfungsi sebagai anti ulkus dengan cara melapisi mukosa lambung  di dalam tubuh dengan mencegah produksi asam lambung yang berlebihan dengan cara mengurangi zat histaminergik.

14. Pada penderita kencing manis bila mengkonsumsi ekstrak kulit manggis dengan rutin apakah dapat menurunkan kadar gula darah?
Penyakit kencing manis banyak diderita tua maupun muda yang disebabkan tingginya kadar gula dalam darah atau kurangnya insulin didalam tubuh. Kencing manis terjadi karena tidak berfungsinya sebagian atau dalam jumlah yang besar pada organ pankreas yang menghasilkan insulin. Insulin memiliki fungsi mengatur glukosa pd tubuh untuk merubah menjadi energi dan menyimpannya sisanya di hati dan otot,selain itu dpt pula terjadi dikarenakan adanya gangguan fungsi pada saat masuknya glukosa ke dalam sel manusia yang disebabkan oleh obesitas atau kegemukan. Senyawa aktif Xanthone dan flavanoid yg ada didalam ekstrak kulit manggis bersifat antioksidan untuk melindungi dan mencegah sel beta pankreas rusak. Sel akan mengalami regenerasi sehingga kembali memproduksi insulin yang cukup untuk menurunkan gula darah. Tetap jaga pola makan dgn memperhatikan jenis,jumlah dan jadwal makanan serta rajin berolah raga dan kontrol gula darah serta konsultasi ke dokter hal ini akan mencegah komplikasi.

15.Bolehkah ekstrak kulit manggis dikonsumsi secara terus menerus seumur hidup ?
Tiap hari kita terpapar radikal bebas seperti polusi,sinar matahari, asap rokok, senyawa - senyawa yang carcinogen ,radiasi dan lain lain pada kondisi ini kita sangat membutuhkan antioksidan tinggi yang dapat membantu meningkatkan dan mempertahankan  status imunitas tubuh, kandungan xanthone yang terdapat didalam ekstrak kulit manggis bermanfaat sebagai anti virus,anti biotik,anti jamur .anti radang,anti kanker dan lain lain.

16.Apakah wanita hamil boleh mengkonsumsi ektrak kulit manggis untuk menjaga kesehatan nya?
Untuk wanita terutama dengan kehamilan trimester pertama (0-12 minggu) tidak disarankan untuk mengkonsumsinya dan harus lebih dulu dikonsultasikan ke dokter spesialis kandungan yang merawatnya.

 17.Apakah senyawa aktif Xanthone yg ada didlm kulit manggis bisa membuat orang awet muda dan mempunyai kulit yg sehat?
Bisa , karena kandungan antioksidan yg tinggi didalam kulit manggis dibandingkan dengan buah- buah lainnya. Berdasarkan ORAC (Oxygen Radical Absorbence Capacity) beberapa kali lebih tinggi dibandingkan dengan buah lainnya dan bila diminum secara teratur akan tampak awet muda dan kulit lebih sehat dan cerah.

Tidak ada komentar: